TEORI PENGHITUNGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN MALANG
Mencari Luas Atap ( M2 )
Contoh Misal :
- Panjang Bangunan : 12 Meter
- Lebar Bangunan : 7 Meter
- Oversteck/teritis Bangunan : 0.6 Meter
- Kemiringan Atap : 30 derajat
Menentukan Luas Datar :
- Luas Datar = (Panjang + Oversteck ) x ( Lebar + Oversteck)
= (12+0.6+0.6) x (7+0.6+0.6) = 108.24 M2
- Kemiringan Atap = 30 derajat (Cosinus : 0.8660)
- Menuntukan Luas Miringnya = Luas Datar / Kemiringan Atap
=108.24 / 0.866
=124.98 M2
- Maka Luas Atap Baja Ringan adalah = 124.98 M2
Mencari Tinggi /Under standar 30 derajat = 2.33 m
Rumus :
Lebar Bangunan dibagi 2 x 30 tan = 2.33 m
• Tata Cara Pemasangan Baja Ringan
Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena
gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar
kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda
yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari
1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh
tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan
karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari
analisa sofware.
• Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan)
• Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100.
• Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan. • Tata Cara Pemasangan Baja Ringan Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware. • Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan) • Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100. • Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan. • Tata Cara Pemasangan Baja Ringan Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware. • Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan) • Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100. • Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan.
• Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan)
• Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100.
• Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan. • Tata Cara Pemasangan Baja Ringan Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware. • Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan) • Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100. • Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan. • Tata Cara Pemasangan Baja Ringan Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa sofware. • Bahan Baja Ringan Label SNI Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan. Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan) • Penutup Atap tentukan terlebih dahulu penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai ,biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100. • Pemasangan Baja Ringan yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan : 1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters) 2. Sambungan Kuda-Kuda, 3. Web/ Ander (jarak max 1,20 - 1.50 meters) 3. Kaki (sepatu kuda), minimal dua buah jikalau satu sebaiknya di komplain 4. Baut Yang di pakai, memakai Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat. Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........ Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak. 1. Batten Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe. Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan. 1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap) 1.6 untuk beban hidup (berat pekerja) Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu (insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng) sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat. 2. Beban Penutup atap Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll..... Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal. 3. Jarak tumpuan Kuda-kuda Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek. 4. Sudut kemiringan atap Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek. baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya. Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las. Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha...... Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti : 1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut 2. Bentang tumpuan kuda-kuda 3. Sudut kemiringan atap 4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya) 5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa) Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya). Dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm. Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap. Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang. • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll. • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal. Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan. Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban ) Beban-beban yang dihitung adalah : 1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung ) 2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ). Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya : Bentang 3-4 Meter Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang. Bentang 4-8 Mater Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. Bentang 9-16 Meter Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle). Bentang 20 Meter Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu Kuda-Kuda Baja Profil Siku Kuda-Kuda Gabel Profil WF Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan.
Info Lebih Lanjut KLIK DISINI
Kontak
MEGATruss Global
Office & Showroom : Jl. Mayjend Sungkono, Citra Garden City / Ciputra, Blok P1. No.4 - Kota Malang
Workshop & Factory di Surabaya : Pergudangan Mutiara Margomulyo Indah Blok A-37, Kota Surabaya
Workshop di Kediri : Badas, Pare - Kediri
Workshop di Ponorogo : Desa Kradinan kecamatan Dolopo Ponorogo
Phone :
Telkomsel : 0853 3443 9900 (Call, SMS, WhatsApp, Line)
Indosat : 0856 55 40 0004 (Call, SMS, WhatsApp)
XL / Axis : 087 888 48 5050 ( Call, SMS)
Phone & Fax : 0341 - 754253
Email : megatrussglobal@yahoo.com
0 Response to "TEORI PENGHITUNGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN MALANG"
Posting Komentar